5 Alasan kenapa kamu wajib punya gitar akustik

, , No Comments



Hidup tanpa musik bagaikan makan soto Bang Amat tanpa limau kuit – Jose Mourinho.

Pepatah (seperti) di atas juga banyak diamini oleh musisi-musisi nasional contohnya Raisa. Dalam sebuah program musik di salah satu stasiun tv masa kini, Yaya (panggilan akrab kami) mengungkapkan kalau musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan dia sehari-hari. 

Namun bukan berarti Raisa selalu memakai headset kemana-mana atau ngalungin headphone warna kuning motif tengkorak di leher tiap kali ke alfamart beli teh pucuk harum. Bukan. Musik menjadi bagian dalam hidup di sini lebih ke selalu ada aja lagu yang keputer di kepala. Entah lagu dia sendiri maupun lagu orang lain. 

Dan disaat itu lah kamu otomatis bakal menyanyi sendiri (jika suara kamu lumayan) atau minimal bersenandung pelan (jika suaramu hancur). 

Lalu bagaimana jika takdir menentukan suara kamu tidak mencapai 50% plus 1  enak didengar alias fales? Di sinilah gitar akustik hadir sebagai sahabat yang paling mengerti kamu seutuhnya. 

Dan berikut saya bagikan 5 alasan kenapa kamu wajib punya gitar di rumah. 

1.  Seperti yang sudah saya paparkan di atas, gitar akustik atau gitar angin bukan hanya sebagai alat musik untuk menemani kamu bernyanyi. Namun lebih dari itu, dia mampu menutupi suara kamu (baca:saya) yang kalo nyanyi sering turun satu oktaf dari nada dasar. 

Dan perlahan-lahan, di tengah lagu suara kamu akan pas dengan nada dasar penyanyi aslinya. Dengan catatan, gitar akustik kamu sudah di stem nada standar. 

2. Pengisi waktu luang. Yes, punya gitar akustik di rumah bukan berarti kamu terus-terusan genjreng-genjreng sambil nyanyi nggak jelas sepanjang hari. Iya kalo jago, kalo hafalnya cuman kunci C Am Dm ke G ke C lagi, apa yang dengerin nggak pusing. 

Kamu juga butuh makan, istirahat, butuh kerja/kuliah, main instagram, butuh hubungan seksual (jika sudah menikah), dan masih banyak aktivitas lainnya. Beda ceritanya jika kamu guitar freak, biasanya orang-orang tipikal seperti ini main gitar tak kurang dari delapan jam sehari.

3. Teman disaat traveling bareng teman-teman. Apaan sih, pokoknya gitu lah. 

Pernah liat iklan coklat silverqueen jaman tahun 2000an nggak? Yang ceritanya 5 orang anak muda, 2 cowok dan 3 cewek cantik-cantik semua seksi pulak (yang kalo tayang di tv jaman sekarang habis satu badan kena blurr) lagi pada liburan ke pantai. 

Nah, sorenya mereka nyanyi-nyanyi sambil main gitar ditemani api unggun (dengan sebatang coklat silverqueen di tangan abviously). Asyik nggak?? Asyik dong..

Cobain aja nggak pake gitar, garing anjirr..
  
4. Alternatif investasi. Gitar angin jadi investasi?? Kenapa tidak.

Gitar akustik memang tidak pernah masuk dalam daftar komoditas investasi yang disarankan oleh pakar keuangan semisal Safir Senduk atau Tung Desum Waringin.
Namun lain ceritanya jika gitar kamu ada tanda tangan Erros Chandra, atau bekas pakaian Piyu Padi, atau bekas gitar Andra waktu bikin lagu Kangen dan Aku Milikmu (Ya Allah jadi pengen nyanyi…). 

Tidak menutup kemungkinan lima sampai sepuluh tahun mendatang gitar kamu bakal diincar oleh kolektor gitar, tentunya dengan harga yang bisa kamu naikkan berkali-kali lipat.  Dengan catatan, gitar kamu selalu terawat dengan baik.

5. Dekorasi untuk ruang tamu. 

credit: digthisdesign.net


Meletakkan gitar akustik di ruang tamu dapat membuat tampilan ruangan menjadi makin cantiq. Banyak sekali referensi ruang tamu ala-ala shabby chic kekinian di instagram atau pinterest yang menambahkan gitar akustik sebagai pemanis untuk ruang tamunya. Bisa dengan menggunakan stand maupun handle yang nempel di dinding.

Tapi cukup gitar aja ya, tidak perlu semua alat musik di pajang di ruang tamu. Takutnya nanti disamperin anak-anak SMA karena dikira studio musik rentalan yang kalo latian biasanya bawa temen cewek satu dua orang biar latiannya semangat. Ehe ehe..

Nah itu dia beberapa alasan kenapa kamu wajib punya gitar akustik di rumah. Silakan tulis di komentar jika ada yang ingin menambahkan. Namun tulisan ini mungkin tidak berlaku bagi kamu yang mempunyai hobi ternak lele. 

Tabik.

Gambar Utama: guitarlessonyork.org

0 comments:

Post a Comment